Tips dan Alat Snorkling Yang Wajib Diketahui

Hullaa...!!!

Setelah sebelumnya Hega Traveler mosting artikel tentang Perlengkapan Mendaki Gunung, kalau ada yang belum baca... monggooo dibaca doeloe..!!! Kalau yang sudah baca yah monggo dibaca ulang... *plak

Dari pada ngegalau mikirin besok malam adalah malam saklar buat para jombloers, mending mampir dimari. Yah sekedar ngilangin kegalauan... hahahaha *miris bangat* -apa hubungannya?-
Emang disini biro jodoh, bisa buat nemuin pasangan hidup gitu? Hellouuu.... #ngacoh

Nah, dimalam ini dari pada admin juga ikut menggalau karena eh karena Jaringan lagi ngambekan kayak jaelangkung abis muncul-ilang-muncul lagi-ilang lagi-munccuuuuullll-ilaaang lagi *ha ha ha ha* Lebih baik kita ngebahas Tips dan Alat Snorklling yang Wajib Diketahui oleh para snorkler dan freediver.

Snorkling and Freediving || Hega Traveler

Kalau ada Hega People yang suka sama dunia air macam si Dolphin ntuh, yang suaranya unyu gilaaa apalagi pas cekikikan... gemesin.! Wake up woyyy.... Lagi bahas apaaa, ngomongnya juga apa... kebiasaan ngelantur nih... 

Ok!!! Kembali ke Laptop topik...

Snorkling adalah kegiatan bawah air, biasanya kegiatan ini bertujuan buat menikmati keindahan bawah laut yang kaya akan vitamin C terumbu karang dan aneka biota laut. Banyak dari sebagian orang menjadikan kegiatan ini sebagai hobby atau bahkan sekedar melepas lelah setelah seminggu penuh bergelut dengan dunia pekerjaan, apalagi disibukkan dengan macam-macam urusan kantor. Pecah kepala kalau udah kayak gitu.... -___-

Duuh kapan ke topik nih baaangg....!!!! Hehehehe... tenang.! Nih udah masuk rumah kok... *oupst topik maksudnya...

Senjata yang musti alias wajib disiapkan sebelum bersnorkling ria bersama teman-teman atau bahkan sendiri, adaalaaahhh.....

  • Masker

Wait! Masker disini bukan masker yang ala-ala nyalon yah, yang nempelin apa tuh dimuka ampe putih kasar uda mirip ama muka mak lampir... -gedebag gedebug- *digebukin*.

Masker disini adalah masker selam. Alat ini sangat penting. Kenapa? Ini alat vital yang sangat membantu saat melakukan Snorkling. Masker Selam berfungsi untuk membantu kita melihat objek laut dengan jelas seperti ikan, karang ataupun objek menarik lainnya.

Saat mengenakan Masker Selam, objek laut akan terlihat lebih dengan dan lebih besar 1/4 dari jarak dan ukuran sebenarnya.

Masker Snorkling and Freediving || Hega Traveler
Sumber : Popular Toko Alat Selam
Tips memilih Masker yang baik:
  1. Pilih masker yang bagus menurut kita. Ini akan berpengaruh pada seberapa nyaman masker kita kenakan saat snorkling.
  2. Masker seharusnya terbuat dari bahan yang nyaman. Balik lagi ke poin 1. Masker yang nyaman biasanya terbuat dari silikon.
  3. Saat akan membeli masker, tes terlebih dahulu masker dengan cara dipakai, lalu hirup udara sedikit dari hidung lalu tahan napas. Kemudian goyangkan kepala. Jika masker tetap bertahan pada muka, maka besar kemungkinan masker tersebut memang pas.

  • Snorkle

Snorkle adalah alat pernapasan yang berbentuk pipa. Snorkle merupakan pasangan dari masker. Snorkle akan memudahkan kita mengambil napas saat Snorkling berlangsung tanpa harus mengangkat kepala lagi. Ini juga akan membuat kita lebih leluasa mengambil objek-objek bawah laut.

Snorkle Snorkling and Freediving || Hega Traveler
Sumber : Populer Toko Alat Selam

Tips mengetahui Snorkle yang baik:
  • Snorkle harus memiliki ukuran yang tidak terlalu panjang dan memiliki diameter yang cukup lebar. Hal ini bertujuan agar mempermudahkan kita dalam mengambil dan menghembuskan udara lewat snorkle.
  •  Snorkle harus cuku elastis dan lentur.

Fins

Fins adalah sepatu renang yang memiliki selaput seperti kaki katak. Ada yang menyebut Fins dengan sebutan kaki bebek. Silahkan dipilih sebutan mana yang nyaman... :p

Fungis Fins sendiri adalah membantu pergerakan kaki kita dala air, sehingga menambah laju saat snokling.

Fins Snorkling dan Freediving || Hega Traveler
Sumber : Populer Toko Alat Selam

Tips memilih Fins yang baik dan benar
  • yang pertama harus diingat, saat membeli Fins harus dalam keadaan mulus. Rugi donk uda beli mahal-mahal tapi fisiknya cacat.
  • kedua, Fins harus sesuai dengan ukuran kaki. Fins sama halnya dengan sepatu, harus memperhatikan ukuran kaki biar dipakai juga nyaman.
  • ketiga, silahkan tambahin kalau ada yang lain :D

  • Wetsuit

Wetsuit terdiri dari 2 kata, Wet yang artinya basah dan Suit artinya pakaian/setelan. Jadi Wetsuit kalau digabungin artinya adalah Pakaian Basah. Hahahaha #ngaur.

Wetsuit adalah pakaian selam yang berfungsi menjaga suhu tubuh kita saat berada di dalam air agar tidak cepat dingin. Selain itu, Wetsuit juga melindungi kita dari goresan karang dan hewan laut lainnya seperti ubur-ubur yang sengatannya kadang berakibat fatal.

Nah, bagi yang tidak mau perawatannya selama berbulan-bulan atau bahkan yang sudah berabad-abad macam si Mummy hilang hanya dalam sehari saat snorkling, wetsuit akan sangat bermanfaat. Karena melindungi kulit dari sengatan listrik panas matahari.

wetsuit || hega traveler
Sumber : Populer Toko Alat Selam

Tips memilih Wetsuit:
  • Sekali lagi hal terpenting adalah kenyamanan. Pilihlah wetsuit yang benar-benar nyaman saat dipakai
  • Kualitas. Sebenarnya ini penting-penting-tidak-penting karena kita tidak musti memaksakan kantong kita untuk membeli yang mahal kalau yang murah saja ada. -tips kere- :D
  • monggo ditambahin kalau ada yang lain.... ^_^

  • Hood

Hood adalah penutup kepala. Berarti Robbin Hood adalah Penutup kepala Robbin? #gubrak
Hood bisa dibilang alat yang tidak terlalu penting tapi disarankan untuk bisa dimiliki apalagi bagi yang memiliki rambut panjang. Ini adalah pasangan dari Wetsuit. Kenapa dibilang tidak terlalu penting, karena sebagian orang berpendapat saat mengenakan Hood akan susah untuk melakukan equalizing (netralisasi ketika tekanan air masuk ke telinga).

Hood Snorkling || Hega Traveler
Sumber : Populer Toko Alat Selam

Informasi Harga Alat Snorkling/Freediving
Masker - Rp. 850.000,-
Snorkle - Rp. 450.000,-
Fins - Rp. 875.000,-
Wetsuit - Rp. 1.850.000,-
 Hood - Rp. 125.000,-

Untuk keterangan lebih lanjut mengenai harga dan barang, silahkan kunjungi outlet-outlet terdekat Toko Alat Selam Surabaya atau yang ada di Kota anda. Mungkin kalau tidak mau repot, bisa kok minjam (kembali *read -nyewa-) alat Hega Traveler. Hahahah tetap Promosi berjalan. Masalah harga bisa nego... :D


Cukup kali yah sepenggal kisa tentang Tips dan Alat Snorkling Yang Wajib Diketahui ini.

Semoga nyaman dengan ceritanya... :D

bhay....

Happy Snorkling

6 comments:

  1. Peralatan sudah lengkap tinggal satu yg belum. Harus bisa renang hahaha... Aku klo snorkling pasti pake pelampung,,, takut kelelep haha...

    btw bakalan jadi blog yg okeh neh... bikin domain dotcom saja sekalian kak mumpung masih baru :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahha... menurut cerita musti makan ubi jalar mentah biar bisa berenang... monggo dicoba.. :D

      iya.. lagi ancang2 nyuri domain dotcom...

      Delete
  2. Ah jadi pingin beli HOOD nich, kmrn ngecek lumayan mahal :-(

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah lumayanlah penutup kepala aja 100an.. padahalkan bisa make topi. #eh?

      Delete
    2. Eitsss yg aku liat kmrn itu 300 an lho, bukan 100. Beda merk kayak nya yesss

      Delete
    3. bisa jadi kang... Hood kan macem2.. hehehe

      Delete

 

Tentang HegaTraveler

Followers

Bagian Dari...!!!

Travel Blogger Indonesia